Home » SAFARI PATEN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PATEN DUNIA

SAFARI PATEN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PATEN DUNIA

Tepat pada hari Sabtu 20 Maret 2021, Direktorat Paten, DTLST dan RD Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) melakukan kunjungan ke Pura Group Kudus Jawa Tengah, hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan “Safari Paten untuk memperingati Hari Paten Dunia”. Adapun Kegiatan kunjungan ke Pura Group adalah dalam rangka Mediasi pemeriksaan substansi atas permohonan-permohonan paten dan Penandatanganan Berita Acara Hasil Mediasi Permohonan Paten Pura Group.

Sebelum melakukan kunjungan Media Langsung ke Pura Group, Direktorat Paten Kemenkumham dengan Pura Group telah melakukan zoom meeting (mediasi online) untuk melakukan pemeriksaan substansi atas pengajuan paten yang dilakukan unit-unit Pura Group, hal ini dilakukan dalam rangka menanggulangi Pandemi Covid 19. Standarnya pemeriksaan substansi paten memakan waktu sampai dengan berkisar mencapai kurang lebih 1-2 tahun setelah permohonan pendaftaran paten dilakukan, namun dalam rangka memperingati Hari Paten Dunia, Direktorat Paten Kemenkumham melakukan percepatan pemeriksaan-pemeriksaan atas subtansi Permohonan Paten dan perusahaan yang difasilitasi salah satunya adalah Pura Group.

 Pura Engineering dengan Permohonan Paten Nomor P002018300111 dengan judul invensi “Mesin Pengering Biji-bijian Tipe Apung Dengan Kontainer”, dengan Inventor Ir. Iwan Bahtera Basir, mendapatkan pasilitas Mediasi Langsung, Pemeriksa dan Inventor bertemu secara langsung untuk mengkoreksi invensi dan setelah substansi dinyatakan lulus oleh Tim Pemeriksa Direktorat Paten langsung dilakukan Penandatangan Berita Acara Hasil Mediasi Permohonan Paten.

Pura Engineering senantiasa tetap berkomitmen menjalankan visi misi perusahaan dengan tetap mendukung Karakter/plaform yang dimiliki Bapak Jacobus Busono sebagai Founder, Owner dan Chairman Pura Group Indonesia. Pesan beliau melalui bukunya berjudul “Think BIG START small mengatakan bahwa Karakter adalah platform dari segala plaform kesuksesan. Karakter adalah kunci dari segala kunci keberhasilan yaitu terbaik dari yang terbaik dari setiap kesuksesan. Prinsip ini berlaku untuk individu organisasi maupun masyarakat prinsip ini juga berlaku di semua jenis pekerjaan pendidikan sosial, politik, budaya, bisnis, teknologi dan dalam konteks yang lebih luas membangun bangsa dan negara. Platform keberhasilan Pura Group Indonesia menjadi perusahaan dengan produk-produk inovatif juga berbasis karakter. Pura adalah Perintis scratch hologram pengaman PIN kartu ponsel prabayar di dunia. Perusahaan pertama di luar Amerika Serikat yang sukses memproduksi homogenized tobacco leaf (HTL) atau disebut juga reconstituted tobacco leaf wallpaper produk olahan tembakau untuk cigaret dan cigar wrapper.  Pura adalah produsen swasta pertama satu-satunya di Asia Tenggara yang menghasilkan kertas Security dan kertas uang. Pura adalah Pioneer smart card Kartu Pintar elektronik di Indonesia.

Saat ini pura telah menghasilkan 194 paten dan ini menjadikan pura sebagai perusahaan swasta nasional paling banyak memegang paten. Catatan keberhasilan ini masih Panjang, masih ada banyak kinerja membanggakan yang diraih pura. Semua kesuksesan itu berkat anugerah Tuhan. Bapak Jacobus Busono melalui bukunya mencatat bahwa Pura adalah titipan Tuhan kepadanya, karena itu beliau selalu memohon kepada Tuhan agar diberi Hikmat untuk dapat mengelola pura dengan benar. Dia juga ingin mengatakan bahwa semua kesuksesan itu juga tidak terlepas dari pembinaan karakter sumber daya manusia, tidak bisa hanya dengan mengandalkan pengetahuan dan teknologi. Indonesia sejauh ini belum dipandang sebagai negara yang andal dalam pengembangan inovasi teknologi. Namun bercermin dari pengalaman Pak Bus (panggilan sapaan Bapak Jacobus Busono) mengembangkan pura telah terbukti bahwa melalui pembinaan karakter yang tepat, kita bangsa Indonesia pasti mampu, tidak kalah, bahkan bisa lebih baik dibanding negara lain dalam Inovasi dan teknologi. Pura adalah bukti dimana inovasi Teknologi yang dikembangkan di perusahaan ini merupakan karya putra-putri Indonesia. Jika kita mampu membangun sumber daya manusia yang berkarakter baik, kita akan mencapai kemajuan yang jauh lebih baik. Kita bangsa Indonesia harus bersyukur memiliki sumber daya alam yang maha karya. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemakmuran kemajuan suatu bangsa tidak ditentukan oleh kekayaan alamnya, tetapi lebih ditentukan oleh manusianya. Tanpa dukungan sumber daya manusia yang berkarakter baik, natural resources sebesar apapun tidak akan dapat dikelola dan dimanfaatkan secara efektif. Natural resources itu bonus dari Tuhan, tetapi jangan sampai melemahkan mental dan karakter manusia Indonesia. Pak Bus ingin menandaskan betapa penting pembangunan karakter di negeri ini, dan harus lebih digalakkan di setiap jenjang pemerintahan, dengan tujuan utama mewujudkan manusia Indonesia yang berkarakter unggul. Nasib negara ini tergantung pada karakter rakyatnya, khususnya pejabat di semua jenjang pemerintahan. Mengapa? Sebab pejabat adalah pemimpin dan panutan bagi masyarakat.

Pura Engineering awalnya adalah Pura Bengkel yang didirikan sebagai unit pendukung Pura Group. Unit pendukung ini kemudian memproduksi mesin-mesin untuk unit produksi di Pura group. Tahun 1989 Pura Bengkel berganti nama Pura Rekayasa dan satu tahun kemudian menjadi Divisi Engineering. Selain mendukung unit-unit di dalam Pura Group, Pura Engineering juga menciptakan dan mengembangkan mesin-mesin untuk kebutuhan produksi di luar lingkup Pura Group.

Visi dan misi Pura Engineering adalah “Menjadi Engineering Solution Provider terandal dan terpercaya yang mampu memecahkan Customer Pain dari pasar lokal serta efisien dengan kualitas terbaik”. Pura Engineering memproduksi beraneka ragam mesin berkualitas yang teruji dan bersertifikat untuk berbagai kebutuhan seperti mesin untuk pertanian, perikanan, termasuk didalamnya layanan rekayasa industry. Layanan Pura Engineering meliputi perencanaan, pembuatan dan pemasangan serta perawatan di seluruh Indonesia.

Pura Engineering dilengkapi berbagai mesin berkapasitas tinggi seperti mesin laser cutting, plasma dan gas cutting, laser marking, mesin tekuk, mesin CNC bubut, mesin CNC milling, mesin shearing, mesin CNC punch, mesin bubut besar, mesin press dan mesin-mesin yang lain untuk menunjang produksi Engineering.

Produk-produk Pura Engineering diantaranya: Vertical Dryer, mesin berbahan bakar bio Mas untuk mengeringkan padi dan biji-bijian yang dapat menghemat ruang dan biaya operasional dibandingkan dengan cara pengeringan konvensional, mesin ini mengeringkan padi dan biji-bijian dalam kurun waktu sekitar 8 jam dengan kapasitas mulai 1 ton sampai dengan 30 ton dalam sekali proses. Bed Dryer, mesin pengering padi dan biji-bijian dengan luas alas pengering datar dengan harga ekonomis, mesin berbahan bakar sekam ini mampu mengeringkan padi dan biji-bijian dalam 8 jam dengan kapasitas 1 sampai 4 tahun sekali proses. Mesin Perontok Multiguna, berbahan bakar solar untuk merontokkan jagung, padi, kedelai, dan jagung berkelobot, dengan kapasitas 500 gram per jam sampai 4 ton per jam, mampu merontokkan hingga 99% dengan tingkat kehilangan Hasil kurang dari 2%. Rice Milling Unit, mesin penggilingan padi berbahan bakar solar yang memiliki kapasitas 1-2 ton setiap proses, mesin ini digunakan untuk mengolah gabah menjadi beras. Crusher, mesin pencacah pupuk organik dan rumput pakan ternak dengan tiga pilihan penggerak 5,5 HP 8,5 HP dan 11 HP. Rice Transplanter,mesin tanam padi dengan 3 model pilihan 4 baris, 4 baris jarwo dan 6 baris. Seeding Machine, mesin persemaian untuk benih padi yang akan digunakan pada mesin Rice Transplanter. Combine Harvester, mesin pemanen biji-bijian seperti padi, jagung dan kedelai, yang merupakan kombinasi dari tiga operasi yang berbeda yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, dijadikan satu rangkaian operasi. Mesin ini dilengkapi dengan tangga dan mesin penggerak Kubota, hasil tampung mesin ini langsung dimasukkan ke dalam karung. Ice Machine Flake adalah mesin yang memproduksi es dalam bentuk serpih dengan ketebalan 1-2 mm yang bisa digunakan untuk pengawetan ikan, sarana pendukung proses diri rumah potong ayam (bak pencucian), sarana pendukung display ikan, daging seperti Hypermart. Washing Plant (Alat Pencucian dan Pemurnian Garam) adalah rangkaian mesin pencucian garam yang mempunyai kandungan impuritas tinggi sehingga mempengaruhi kualitas garam untuk dilakukan pemurnian garam menjadi lebih bersih dan dapat dikonsumsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top